Java 1.1 - Tentang

Icon Java
Gambar 1. Icon Java
    Java adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem yang telah diakuisisi oleh Oracle. Java dimulai oleh James Gosling dan dirilis pada tahun 1995.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Java

    Saat ini java merupakan bahasa pemrograman nomor satu menurut TIOBE Index, TIOBE Index menghitung kepopuleran sebuah bahasa pemrograman dari banyaknya orang yang mencari bahasa pemrograman tersebut di mesin pencari seperti Google, Google Blogs, Yahoo!, Baidu, Wikipedia, MSN dan juga Youtube. Kenapa Java bisa menduduki peringkat pertama di TIOBE Index? berikut kelebihan-kelebihan bahasa pemrograman Java :
  • Berorientasi Objek (Object-Oriented Programming)
    Berbeda dengan bahasa pemrograman terstruktur yang perintah-perintah programnya berjalan dari atas ke bawah (baris 1, 2, 3 dan seterusnya) pemrograman berorientasi objek memasukkan perintah-perintah programnya kedalam sebuah objek yang bisa digunakan berulang-ulang.
  • Multithreading
    Maksudnya Java bisa menjalankan 2 perintah dalam waktu bersamaan.
  • Multiplatform
    Java dikenal dengan slogannya yaitu "tulis sekali, jalankan dimana pun", maksudnya adalah aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java dapat dijalankan di semua sistem operasi yang mendukung JVM(Java Virtual Machine) termasuk Windows, Mac OS dan banyak jenis Linux.


Add Your Comments

Disqus Comments